Blogger Widgets

Senin, 18 Oktober 2010

Siap Pamerkan Musikmu Dengan Game Rock Band

Menjadi penikmat musik terkadang tak cukup bagi mereka yang senang menghabiskan waktu untuk menciptakan musik-musik baru. Apalagi untuk segerombolan anak band Indie yang memadati kesehariannya di dalam studio musik, namun masih belum punya cara jitu untuk maju ke langkah selanjutnya. Sebenarnya untuk bisa tembus ke dunia rekaman sendiri kadang tak memerlukan channel khusus, yang penting adalah kualitas musik yang kita hasilkan. Dan yang menentukan adalah pasar dimana nantinya musik kita apakah akan tergolong musik yang enak didengar atau cuma hanya enak didengar satu kalangan saja.
Tak jarang akhirnya tumbuh berjamur jenis musik itu-itu saja, karena tak berani menembus musik dengan karakter baru atau jenis baru, ada ketakutan atau kegundahan sendiri takut musik yang dibuat tak bisa menembus pasaran dan hanya menjadi koleksi pribadi selamanya. Namun kini ada cara lain untuk memproduksi dan mempromosikan musik Anda. Tak hanya tingkat nasional saja tapi menjadi tingkat internasional, mungkinkah?
Kini apapun sudah menjadi mungkin berkat adanya satu game baru keluaran Microsoft bernama Rock Band. Game ini sendiri masih belum masuk tahap final dan bisa dinikmati, tentu masih perlu waktu untuk diteliti lebih lanjut demi game ini sendiri agar bisa dinikmati secara luas dan menghasilkan apa yang diinginkan para produsen musik nantinya. Game ini juga dibuat oleh pihak MTV dan baru akan masuk ke versi beta pada akhir bulan Agustus mendatang.
Untuk dapat bergabung di dalamnya, Anda harus register dulu menjadi bagian dari XNA Creators’s Club yang mana telah dirilis beberapa tahun lalu yang memberikan kesempatan bagi para developer untuk dapat membuat game dan menjualnya melalui Xbox Live MarketPlace. Biaya membership sendiri untuk 4 bulan yaitu 49.99 USD atau sekitar 500 ribu rupiah, sedangkan untuk 1 tahun hanya 99.99 USD atau sekitar 1 juta rupiah.
Jika Anda sudah tergabung di dalamnya, nantinya Anda akan mendapatkan alat gratis dan instruksi dari Rock Band Creator Website untuk bisa mengkonversi hasil rekaman Anda menjadi format MIDI sehingga dapat digunakan dalam game ini. Selanjutnya, Anda akan dapat mengirimkan lagu tersebut kepada para pembuat musik lainnya untuk mendapatkan saran dan pada akhirnya akan menunggu persetujuan pihak MTV Games agar musik tersebut bisa masuk ke dalam game tersebut.
Jika sudah berhasil mendapatkan izin dari pihak MTV Games, nantinya lagu tersebut akan masuk pada jaringan Rock Band, dimana semua lagu akan untuk pertama kalinya dirilis selama 30 hari pada Xbox 360 dan tim Rock Band akan memasukkan lagu Anda pada Sony PlayStation 3 dan konsol Nintendo Wii.
Menurut aturan yang ada, nantinya para musisi akan dibayar 50 sen sampai 3 USD per lagu, dan akan mendapatkan royalti 30 persen dari setiap penjualannya. Kelihatannya cukup kecil, jika dibandingkan dengan apa yang ditawarkan pihak iTunes dimana para musisi diberikan persentase 70 persen untuk royalti yang didapatkan dari hasil penjualan lagu tersebut, namun nantinya Rock Band sendiri akan menjadi platform yang cukup eksklusif tentunya. Nah sudah saatnya pamer musik besutan Anda dan tunggu saja kehadiran game ini segera!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar